• Selasa, 19 Oktober 2021

Baik untuk Kesehatan Mental, Tiga Tips Ini Bisa Ubah Belanja Jadi Self-care

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:10 WIB
ilustrasi berbelanja (pixabay)
ilustrasi berbelanja (pixabay)

BAWAKALEM.COM -- Kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian membawa tantangan bagi banyak individu di seluruh dunia, dan tidak jarang menyebabkan kecemasan, stres, hingga depresi. Di Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada 10 Oktober kemarin, masyarakat Indonesia diajak untuk lebih peduli terhadap kesehatan jiwa dan raga.

Lebih dikenal dengan self-care, istilah ini merujuk kepada cara seseorang untuk menyediakan waktu untuk fokus dan merawat dirinya demi menjaga kesehatan fisik dan mental.

Psikolog Klinis di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani mengatakan, self-care penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja. Hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari.

Baca Juga: West Java Industrial Meeting 2021, Jabar Bangun Pusat Bahan Baku bagi Industri Kecil

Baca Juga: Miliki Potensi Besar, Ridwan Kamil Siap Bantu Promosikan Produk UMKM Papua

"Salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja. Namun, tentunya perlu diingat untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambahkan beban pikiran," kata wanita yang akrab disapa Wita itu dalam keterangannya kepada redaksi, Selasa (12/10).

Menurut Wita, berikut adalah tiga cara berbelanja secara berbeda yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care yang baik untuk kesehatan mental:

Membeli momen berharga

Membeli suatu pengalaman dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat diingat-ingat kembali di kemudian hari. Terlebih jika momen berharga itu dinikmati dengan orang-orang terkasih, seperti melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba.

Halaman:

Editor: Jajang Saepul Hamzah

Sumber: Shopee Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Info Loker Terbaru Oktober 2021 dari Kemnaker

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:08 WIB

Digitalisasi Kunci Bisnis Moncer Di Era Modern

Selasa, 21 September 2021 | 07:25 WIB

Terpopuler

X