• Rabu, 20 Oktober 2021

Penyebab Iblis Enggan Sujud Kepada Adam AS

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:14 WIB
ILUSTRASI sujud //Dok. Annajah
ILUSTRASI sujud //Dok. Annajah

BAWAKALEM -- Allah menciptakan iblis dari api yang sangat panas, sedangkan Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah SWT dengan tanah sebagai sumbernya. Selanjutnya Allah SWT memerintahkan seluruh malaikat termasuk iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam AS, seluruh malaikat sujud kecuali iblis yang kemudian membangkang atas perintah Allah SWT ini.

وَإِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلَٰٓئِكَةِ ٱسۡجُدُواْ لِأٓدَمَ فَسَجَدُوٓاْ إِلَّآ إِبۡلِيسَ أَبَىٰ وَٱسۡتَكۡبَرَ وَكَانَ مِنَ ٱلۡكَٰفِرِينَ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: ‘Sujudlah kalian kepada Adam’, maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur, dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (Q.S Al-Baqarah: 34).

Iblis beranggapan bahwa unsur api lebih mulia dibandingkan dengan tanah, sehingga iblis yang terbuat dari api merasa tidak pantas bersujud kepada Nabi Adam AS.

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسۡجُدَ إِذۡ أَمَرۡتُكَۖ قَالَ أَنَا۠ خَيۡرٞ مِّنۡهُ خَلَقۡتَنِي مِن نَّارٖ وَخَلَقۡتَهُۥ مِن طِينٖ

Artinya: “Allah berfirman: ‘Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?’ Iblis menjawab: ‘Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan saya dari api, sedangkan  dia Engkau ciptakan dari tanah’." (QS Al-A’raf: 12).

Baca Juga: Jelang Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Panggil 33 Pemain

Imam Fakhruddin ar-Razi (wafat 925 M) dalam Mafâtîhul Ghaib menjelaskan, alasan yang membuat iblis berargumen demikian adalah api merupakan elemen bercahaya, selalu berada di atas, halus, panas, kering, dan identik dengan benda-benda langit yang juga posisinya berada di angkasa. Sebaliknya, tanah adalah elemen berwarna gelap, berada di bawah, kasar, lembab, dan jauh dari benda-benda langit.

Selain itu, api juga memiliki kekuatan panas yang menjadi simbol kehidupan. Sementara tanah yang lembab dan basah lebih identik dengan kematian. Jelas, kehidupan lebih mulia dari kematian. Dengan alasan ini Iblis berkesimpulan, jika bahan pembuatnya (api) saja lebih unggul, maka produknya (iblis) pun demikian. (Ar-Razi, Mafâtîhul Ghaib, [Beirut, Dârul Fikr: 1981], juz XIV, halaman 36).

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Muhammad dan Perubahan Sosial

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Jodoh atau Ajal yang Lebih Dulu Menghampiri?

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:24 WIB

Nasihat untuk Para Suami dan Istri

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:28 WIB

Penyebab Iblis Enggan Sujud Kepada Adam AS

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:14 WIB

Tanda-tanda Terjangkit Penyakit Cinta Dunia

Jumat, 8 Oktober 2021 | 19:23 WIB

Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Nabi SAW

Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Pernikahan-pernikahan Pada Zaman Jahiliyyah

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Doa Agar Terhindar Dari Kemalasan

Senin, 4 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X