• Rabu, 20 Oktober 2021

Nasihat untuk Para Suami dan Istri

- Senin, 11 Oktober 2021 | 19:28 WIB
Ilustrasi. Nasihat untuk suami dan istri (iStock)
Ilustrasi. Nasihat untuk suami dan istri (iStock)

BAWAKALEM.COM -- “Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.' Lalu ada yang berkatak, 'Apakah kufur kepada Allah?' Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari anda.” (HR. Bukhari, no. 1052)

Untuk para istri dan suami, serta untuk para calon istri dan calon suami, barangkali hadits di atas pun berlaku kebalikannya. Seorang suami yang kufur terhadap istrinya bisa jadi calon penghuni neraka.

Istrimu mempunyai kekurangan karena bukan wonder woman yang selalu benar dan kuat dalam menghadapi segala lika-liku kehidupan, adanya dia lelah dan hanya perlu istirahat sejenak. Begitu pun suamimu, dia bukan laki-laki sempurna seperti para nabi dan rasul, ada kalanya melakukan kesalahan dalam hidup ini, terkhusus kepada kalian sebagai istri.

Baca Juga: Penyebab Iblis Enggan Sujud Kepada Adam AS

Dari sirah para nabi dan rasul banyak sekali cerita tentang pasangan yang bisa kita ambil pelajaran berharga untuk mengarungi bahtera cinta rumah tangga. Ada cerita Nabi Nuh yang ternyata anak dan istrinya justru menentang dan menolak keras ajakan dakwah beliau, sehingga mereka tidak mau menaiki bahtera yang dibuat Nabi Nuh sampai mereka digolongkan kepada orang-orang yang celaka.

Ada kisah Siti Asiyah yang memiliki suami seorang raja bernama Firaun yang luar biasa sombong sampai mengaku dirinya sebagai tuhan, tapi Siti Asiyah memilih jalannya sendiri untuk tetap beriman dan mengikuti ajaran Nabi Musa as, sampai dia dimasukkan kedalam kategori wanita-wanita penghuni surga.

Kemudian ada yang beriringan dan saling berdampingan seperti kisah Rasulullah dan Siti Khadijah, Ali bin Abi Thalib dengan Fathimah Az-Zahra putri Rasulullah. Dari awal dakwah Islam Siti Khadijah jadi penyokong penuh dakwah rasulullah sampai bisa berdiri tegak dengan kuat dan mereka bisa saling melengkapi dalam segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing mereka.

Baca Juga: Tanda-tanda Terjangkit Penyakit Cinta Dunia

Sirah para nabi dan rasul dari zaman Nabi Adam sampai Rasulullah Saw itu semua gambaran yang bisa diambil contoh bagi kita untuk menjalani kehidupan khususnya dalam hal berpasangan dan berumah tangga.

Halaman:

Editor: Jajang Saepul Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Muhammad dan Perubahan Sosial

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Jodoh atau Ajal yang Lebih Dulu Menghampiri?

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:24 WIB

Nasihat untuk Para Suami dan Istri

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:28 WIB

Penyebab Iblis Enggan Sujud Kepada Adam AS

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:14 WIB

Tanda-tanda Terjangkit Penyakit Cinta Dunia

Jumat, 8 Oktober 2021 | 19:23 WIB

Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Nabi SAW

Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Pernikahan-pernikahan Pada Zaman Jahiliyyah

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Doa Agar Terhindar Dari Kemalasan

Senin, 4 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X