• Sabtu, 13 Agustus 2022

Quraish Shihab: Mencintai Seseorang Bukan Karena Allah Adalah Nafsu

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:24 WIB
Arti Cinta menurut ulama Tafsir Al-Qur'an, Professor Muhammad Quraish Shihab. (Tangkapan layar/ Youtube @Quraish Shihab)
Arti Cinta menurut ulama Tafsir Al-Qur'an, Professor Muhammad Quraish Shihab. (Tangkapan layar/ Youtube @Quraish Shihab)

BAWAKALEM -- Cinta adalah rasa yang hadir dan tumbuh dalam hati manusia, dia merupakan rasa yang tumbuh secara alami di dalam hati manusia.

Cinta menurut salah satu ulama Tafsir Al-Qur'an yaitu Professor Muhammad Quraish Shihab adalah sebuah rasa yang harus diungkapkan dan dibuktikan secara tindakan kepada yang dicintainya.

"Anda boleh jadi cinta seseorang, tetapi mitra anda tidak sadar bahwa anda mencintainya. Cinta itu ada prosesnya," katanya pada tayangan Shihab dan Shihab dikutip Bawakalem.com dari laman nu.or.id, Kamis, 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Mengaku Malu Setelah Bertemu Kakek Suhud, Baim Wong: Dia Orang Baik

Rasa cinta yang hadir terhadap seseorang, apabila tujuannya adalah kebaikan maka rasa tersebut adalah baik, dan hal tersebut harus disampaikan kepada orang yang bersangkutan.

"Nabi Muhammad Saw bersabda: Siapa yang mencintai seseorang, sampaikan kepadanya, aku cinta kepadamu," ungkapnya.

Cinta adalah rasa yang membutuhkan proses, dia seumpama kayuhan sepeda yang dipacu untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, dalam perjalanannya dia akan mendapatkan lika liku dan cobaan yang pasti hadir.

Baca Juga: Karya Imtaq Sambut Baik Keputusan Arab Saudi Buka Umrah Untuk Jemaah Indonesia

Maka diantara keduanya harus terjalin komunikasi kesalingan yang tidak boleh ada kepaksaan dan penekanan kepada salah satunya.

"Cinta adalah dialog antara dua aku; yang memaksakan kehendaknya enggan berdialog, bukan cinta namanya. Karena itu, jangan pernah memaksakan siapa yang Anda cintai untuk menjadi seperti Anda. Karena kalau menjadikannya seperti Anda, dialognya tidak akan terjadi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Didit Nurdianto

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lafalkan Doa Ini Agar Pagimu Menjadi Berkah

Minggu, 9 Januari 2022 | 07:40 WIB

Doa Bercermin Sesuai Contoh Nabi SAW

Kamis, 9 Desember 2021 | 19:17 WIB

Berikut Ini 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Kamis, 9 Desember 2021 | 08:10 WIB

Doa Ketika Melihat Orang Tertimpa Musibah

Senin, 6 Desember 2021 | 18:06 WIB

Muhammad dan Perubahan Sosial

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Terpopuler

X