• Sabtu, 22 Januari 2022

Tiga Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Sesuai Al-Qur'an

- Kamis, 6 Januari 2022 | 14:18 WIB
Ilustrasi keluarga bahagia (@pascalcampionart)
Ilustrasi keluarga bahagia (@pascalcampionart)

BAWAKALEM.COM -- Rumah tangga merupakan nikmat yang besar yang disebutkan di dalam Al-Qur'an, rumah tangga adalah sumber awal peradaban manusia, sehingga keharmonisan rumah tangga sangat mempengaruhi kualitas generasi yang dilahirkan nya.

Al-Qur'an sebagai kitab yang sempurna menyampaikan bagaimana tips dan trik agar rumah tangga yang dibangun bisa harmonis dan menciptakan suasana yang membahagiakan.

Pertama, selalu menganggap pasangan adalah sahabat. Artinya sepasang suami istri yang berumah tangga memposisikan diri setara antar sesama pasangan nya, tidak ada yang memposisikan diri lebih superior dibanding yang lainnya. Bahkan ketika ada perbedaan itu merupakan hikmah dari Allah SWT agar kita bisa saling melengkapi satu sama lain.

هُوَ ٱلَّذِی خَلَقَكُم مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّجَعَلَ مِنۡهَا زَوْجَهَا  

"Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya" (QS Al-A'raf: 129).

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Segini Harta Kekayaan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

Dalam bahasa Arab, lafal zauj (زوج) dipakai untuk makna suami sedangkan lafal zaujah (زوجة) dipakai untuk makna istri. Akan tetapi Al-Qur'an menyebut istri dengan lafal zauj (زوج) selayaknya menyebut seorang suami. Artinya ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an menyetarakan posisi laki-laki dan perempuan, yang membedakan hanya ketakwaan kepada Allah SWT.

Ibnu Asyur dalam tafsir Tahrir wa Tanwir menyatakan penyebutan tersebut sebagai pertanda bahwa ketika seorang laki-laki dan perempuan menikah maka keduanya memiliki kesetaraan sebagai dua insan yang bersatu dalam biduk rumah tangga. Masing-masing adalah belahan jiwa bagi pasangannya. Sebagaimana Al-Qur'an menyebut laki-laki dan perempuan adalah setara di hadapan Allah.

Kedua, selalu menambah dalam beribadah kepada Allah SWT. Allah yang telah memberikan nikmat pasangan, Allah yang telah memberikan nikmat bisa saling mencintai antar sesama manusia, sehingga dalam menjalin hubungan pasangan suami istri fondasi awalnya adalah mengembalikan segala urusan yang ada di rumah tangga kepada Allah SWT.

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: nuonline.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lafalkan Doa Ini Agar Pagimu Menjadi Berkah

Minggu, 9 Januari 2022 | 07:40 WIB

Doa Bercermin Sesuai Contoh Nabi SAW

Kamis, 9 Desember 2021 | 19:17 WIB

Berikut Ini 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Kamis, 9 Desember 2021 | 08:10 WIB

Doa Ketika Melihat Orang Tertimpa Musibah

Senin, 6 Desember 2021 | 18:06 WIB

Muhammad dan Perubahan Sosial

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:00 WIB
X