• Senin, 27 September 2021

Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri Bisa Akses PeduliLindungi, Begini Caranya

- Rabu, 15 September 2021 | 10:32 WIB
Ilustrasi. Fitur terbaru di aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri (Pic. Laman Covid 19)
Ilustrasi. Fitur terbaru di aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri (Pic. Laman Covid 19)



BAWAKALEM.COM -- Aplikasi PeduliLindungi terus memperbaharui fitur yang ada untuk membantu masyarakat memudahkan segala aktivitas. Teranyar, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis fitur untuk memperoleh Kartu Verifikasi Vaksinasi Non Indonesia (VNI).

Seperti diketahui, fitur terbaru di PeduliLindungi ini digunakan bagi warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang menerima vaksinasi Covid-19 di luar negeri.

"Nanti, para WNI dan WNA bisa mengakses PeduliLindungi walaupun sertifikat vaksinnya bukan diperoleh di Indonesia,” kata Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, Selasa (14/9) kemarin.

Baca Juga: Polda Jabar Ringkus Pelaku Pembuat Kartu Vaksinasi Covid-19 Palsu

Setiaji menegaskan, penambahan fitur tersebut dalam rangka memudahkan verifikasi bagi WNI maupun WNA yang sudah mendapatkan vaksinasi di luar negeri.

Website yang bisa diakses oleh para WNI dan WNA itu yakni vaksinln.dto.kemkes.go.id. Melalui alamat itu, WNI dan WNA tinggal mendaftarkan diri dan nanti akan diverifikasi.

Prosedur memperoleh Kartu Verifikasi VNI tersebut di antaranya:

1. Pendaftaran

WNA dan WNI yang divaksinasi di luar negeri mengakses laman vaksinln.dto.kemkes.go.id. Lalu melakukan pendaftaran serta mengajukan verifikasi sertifikat.

2. Verifikasi

Kemenkes bakal melakukan verifikasi data vaksinasi WNI, sementara untuk WNA akan diverifikasi oleh kedutaan masing-masing.

"Bersama Kemenlu, bekerja sama juga nanti, untuk WNA nya," bebernya.

Baca Juga: Per Hari ini, Sebanyak 18 Juta Warga Jabar Sudah Disuntik Vaksin

3. Persetujuan

Hasil verifikasi akan dikirimkan melalui surat elektronik. Proses verifikasi ini akan memakan waktu paling lama tiga hari kerja.

4. Klaim

WNI atau WNA yang bersangkutan harus mendaftar serta login ke dalam aplikasi PeduliLindungi. Hal itu agar dapat mengecek status vaksinasi serta mendapatkan kartu verifikasi VNI.

5. Check In

WNA serta WNI yang bersangkutan dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan scan QR code di berbagai tempat aktivitas masyarakat. Tempat itu seperti mal, penerbangan, dan lain-lain.

Editor: Jajang Saepul Hamzah

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X