• Sabtu, 27 November 2021

Jokowi Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional Bagi 4 Tokoh Bangsa Ini

- Rabu, 10 November 2021 | 14:00 WIB
Kegiatan penganugerahan Pahlawan Nasional bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, Rabu, 10 November 2021. (setkab)
Kegiatan penganugerahan Pahlawan Nasional bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, Rabu, 10 November 2021. (setkab)

BAWAKALEM.COM -- Presiden Jokowi menganugerangi gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh bangsa bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional, di Jakarta, 10 November 2021.

Empat tokoh tersebut dianugerahi gelar Pahlawan Nasional karena jasanya dalam perjuangan di berbagai bidang untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Jokowi menetapkan empat Pahlawan Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 109/TK/Tahun 2021 yang ditetapkan pada 25 Oktober 2021.

Tokoh-tokoh ini antara lain:

  • Tombolotutu, tokoh dari Provinsi Sulawesi Tengah
  • Sultan Aji Muhammad Idris, tokoh dari Provinsi Kalimantan Timur.
  • Usmar Ismail, tokoh dari Provinsi DKI Jakarta
  • Raden Aria Wangsakara, tokoh dari Provinsi Banten

Acara penganugerahan tersebut dihadiri oleh para ahli waris dari para tokoh pahlawan.

Menyadur situs Setkab, penganugerahan itu mempertimbangkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Jokowi dan wakilnya Ma’ruf Amin kepada para ahli waris penerima gelar Pahlawan Nasional.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada 300 tenaga kesehatan yang meninggal dunia karena berjuang melawan pandemi Covid-19.

Anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa itu diputuskan melalui Keppres Nomor 110/TK/Tahun 2021 yang ditetapkan pada 25 Oktober 2021. (BK/AF)

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fahri Hamzah Ingatkan Gerindra Bukan Pemilik Fadli Zon

Selasa, 16 November 2021 | 21:13 WIB

Terpopuler

X