• Sabtu, 27 November 2021

Ma'ruf Amin Sebut Tantangan FKUB Makin Sulit : Banyak Narasi Hoaks dan Konspiratif

- Sabtu, 20 November 2021 | 08:34 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Dok/BPMI Setwapres)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Dok/BPMI Setwapres)

BAWAKALEM.COM -- Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengingatkan tugas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) akan semakin berat ke depannya.

Ma'ruf Amin mengatakan tantangan untuk FKUB salah satunya adalah tantangan era digital yang serba canggih dan memungkinkan menyebar informasi dengan cepat.

Hal tersebut Ma'ruf Amin sampaikan dalam kegiatan FKUB di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat, 19 November 2021.

“Di antara informasi itu ada yang bersifat positif, tapi ada yang sifatnya negatif termasuk isu-isu yang dapat menimbulkan konflik antarumat," katanya.

Mantan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengatakan, isu yang memecah belah umat beragama antara lain seperti narasi konspiratif dan hoaks.

Informasi bohong atau hoaks tersebut, sambungnya, berkembang lebih cepat seperti deret ukur dibandingkan dengan berita yang bersifat konfirmatif (pelurusan) yang diibaratkan seperti deret hitung.

Belum lagi, kata dia, informasi digital di era kekinian menggunakan kurasi algoritma. Sehingga upaya pelurusan informasi terkadang terhambat oleh kebiasaan orang terkait mengonsumsi informasi.

“Sisi negatif dari teknologi informasi berbasis digital ini memiliki kemampuan yang disebut dengan kurasi algoritma, yang menggiring setiap orang atau kelompok orang meyakini hanya terhadap informasi yang dipasok dari kelompoknya sebagai kebenaran," katanya.

"Sementara kelompok lain berpedoman pada kebenaran yang diyakini kelompoknya sendiri,” terangnya. Hal ini, menurut Ma'ruf AMin, mengakibatkan terjadinya keterbelahan sosial, termasuk keterbelahan antarumat beragama. (BK/AF)

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fahri Hamzah Ingatkan Gerindra Bukan Pemilik Fadli Zon

Selasa, 16 November 2021 | 21:13 WIB

Terpopuler

X