• Sabtu, 22 Januari 2022

Jadi Pembicara In House Training PPI 50 Lembang, Jeje Zaenudin Sampaikan 8 Metode Mendidik Ala Rasulullah

- Kamis, 6 Januari 2022 | 07:43 WIB
Jeje Zaenudin menyampaikan materi tentang makna seorang guru dalam kegiatan In House Training PPI 50 Lembang. (Tim Bawakalem.com)
Jeje Zaenudin menyampaikan materi tentang makna seorang guru dalam kegiatan In House Training PPI 50 Lembang. (Tim Bawakalem.com)

BAWAKALEM -- Makna seorang guru adalah bagaimana dirinya bisa meneladani Rasulullah SAW sebagai figur ideal dan paling sempurna untuk dijadikan contoh ideal dalam memberikan pengajaran.

Begitu disampaikan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), Jeje Zaenudin saat menyampaikan materi dalam kegiatan In House Training yang digelar Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang.

"Sebagai seorang Rasul, Nabi Muhammad SAW mempunyai kepribadian universal, seluruh sisi kehidupan beliau adalah rujukan dan teladan untuk umat manusia di sepanjang zaman dan semua tempat. Hal ini adalah wajar karena memang beliau diutus untuk semua manusia sepanjang zaman," kata Jeje, Kamis 6 Januari 2022.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Guru, Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang Gelar In House Training

Kegiatan In House Training yang dilaksanakan 5-6 Januari 2022 ini sebagai upaya untuk membekali tenaga kependidikan dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran dan pelayanan pendidikan.

Menurut Jeje, bahwa Rasulullah SAW memiliki delepan metode dalam mendidik dan mengajarkan ilmu yang akan disampaikannya.

"Pertama metode keteladanan dan praktek, kedua metode dengan pembiasaan, ketiga metode ceramah dan tausyiah, keempat metode dengan cerita dan kisah masa lampau, kelima metode dengan perumpamaan," tuturnya.

Baca Juga: Ingin Lebih Banyak Berkontribusi Untuk Persib, Bayu Fiqri Siap Kerja Keras

"Keenam metode dengan menberi penghargaan, ketujuh metode dengan memberi peringatan dan hukuman, dan yang kedelapan yaitu metode dengan tanya jawab dan diskusi dengan murid dalam rangka mengasah ketajaman dalam berfikir," tambahnya.

Halaman:

Editor: Didit Nurdianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X