• Sabtu, 22 Januari 2022

In House Training Hari Kedua, Feri Rustandi: Guru Harus Paham Tugas Utamanya Sebagai Pendidik

- Kamis, 6 Januari 2022 | 12:59 WIB
Feri Rustandi saat mengisi materi di acara In House Trainning PPI 50 Lembang/Mujadidi Hizbulloh
Feri Rustandi saat mengisi materi di acara In House Trainning PPI 50 Lembang/Mujadidi Hizbulloh

BAWAKALEM.COM -- Hari kedua kegiatan In House Training yang diadakan oleh Pesantren Persis 50 Lembang (06/01/22) mengusung tema tentang bagaimana pengkondisian kelas dan praktek metode pembelajaran.

Dengan narasumber yaitu Feri Rustandi alumni Pesantren Persis 76 Garut Tarogong yang sekarang aktif di Sekolah IT Asy-Syifa Subang.

Feri menyampaikan bahwa saat ini pendidikan pesantren atau boarding school sedang ada pada trend yang positif, artinya bisa bersaing dengan sekolah-sekolah negeri dan swasta unggulan lainnya.

"Pesantren atau boarding school bisa bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan lainnya, kurikulum pesantren yaitu kurikulum 24 jam memiliki segala kelebihan dan keunggulan untuk mencetak peserta didik yang berkualitas," papar Feri.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Segini Harta Kekayaan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

Dia pun menambahkan bahwa dalam mengajar seorang guru harus menyesuaikan diri dengan kondisi sosiologis kelas yang diajarkan, agar ilmu yang disampaikan bisa optimal.

"Dalam mengajar, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan kondisi sosiologis peserta didiknya, agar ilmu yang disampaikan bisa dicerna dan dipahami dengan baik oleh peserta didik," lanjut Feri.

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa dalam segala ilmu pengetahuan yang dipelajari alangkah lebih baiknya jika secara penokohan dikembalikan kepada tokoh-tokoh islam sebagai pengetahuan bahwa islam pun punya tokoh yang berbicara dalam berbagai ilmu pengetahuan.

"Semua ilmu yang disampaikan terutama mata pelajaran umum kenalkan peserta didik dengan tokoh-tokoh Islam yang dulu pernah berjaya dengan ilmunya, sehingga anak-anak kita tidak hanya mengetahui tokoh-tokoh dari barat sebagai simbol tokoh pengetahuan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X