• Rabu, 20 Oktober 2021

Tinjau Pameran Alutsista TNI, Presiden: Bentuk Transparansi APBN Kepada Publik

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau pameran alutsista di sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 5 Oktober 2021. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)
Presiden Joko Widodo meninjau pameran alutsista di sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 5 Oktober 2021. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

BAWAKALEM -- Ada yang berbeda pada peringatan Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76, Selasa, 5 Oktober 2021.

Selain digelar upacara di halaman Istana Merdeka, juga dipamerkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di jalan sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta.

Usai memimpin jalannya upacara, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin berkesempatan meninjau pameran alutsista tersebut.

Baca Juga: HUT TNI ke-76, AHY: Sampai Kapanpun Jiwa Saya Tetap Prajurit

Dengan mengendarai golf car, keempatnya menuju Jalan Medan Merdeka Utara yang terletak persis di depan Istana Merdeka, Jakarta.

“Dalam rangka hari ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini,” ujar Kepala Negara dalam keterangannya usai peninjauan pameran alutsista.

Presiden berharap dengan digelarnya pameran alutsista tersebut, masyarakat bisa lebih mengetahui alutsista apa saja yang dimiliki oleh TNI, terutama peralatan yang jarang diketahui seperti peluncur roket Astros atau Artillery Saturation Rocket System.

Baca Juga: Peringati HUT TNI ke-76, Pangdam III Siliwangi Ziarah ke TMP Cikutra Sebagai Wujud Penghormatan

“Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu bahwa kita misalnya telah memiliki Astros. Astros ini sebanyak 56, ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km, dan yang lain-lainnya nanti tolong ditanyakan ke Panglima TNI, KSAD, KSAL, atau KSAU," katnya.

Halaman:

Editor: Didit Nurdianto

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaksanaan Sekolah Terbuka di Jabar Banyak Masalah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:20 WIB

Kemunculan Neokomunisme Tak Bisa Dianggap Sepele

Jumat, 1 Oktober 2021 | 14:05 WIB

Terungkap, Kartosuwiryo Ternyata Tak Bisa Bahasa Arab

Sabtu, 25 September 2021 | 18:28 WIB
X