• Sabtu, 27 November 2021

Tes Antigen Boleh Jadi Syarat Naik Pesawat, Ketua DPR: Kebijakan Ini Kurangi Beban Masyarakat

- Selasa, 2 November 2021 | 18:19 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi langkah Pemerintah merevisi kebijakan soal wajib tes PCR sebagai syarat naik pesawat. Masyarakat cukup memperlihatkan hasil tes Antigen ketika perjalanan transportasi udara/foto sumber dpr.go.id
Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi langkah Pemerintah merevisi kebijakan soal wajib tes PCR sebagai syarat naik pesawat. Masyarakat cukup memperlihatkan hasil tes Antigen ketika perjalanan transportasi udara/foto sumber dpr.go.id

BAWAKALEM.COM -- Pemerintah akhirnya membolehkan penggunaan tes swab antigen sebagai syarat naik pesawat terbang di Jawa dan Bali.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 56 Tahun 2021. Penumpang yang menggunakan pesawat terbang antarwilayah di luar Jawa dan Bali, harus menunjukan hasil PCR (H-3) atau menunjukkan hasil tes antigen (H-1), di samping menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Sebelumnya, pemerintah mewajibkan syarat tes PCR bagi penumpang pesawat di Jawa-Bali dengan masa berlaku 2x24 jam, yang kemudian direvisi menjadi 3x24 jam.

Baca Juga: Geruduk Kantor Pemkab Bandung, Buruh Tuntut UMK Naik 10 Persen tahun 2022

Keputusan tersebut disambut baik oleh Ketua DPR-RI Puan Maharani. Menurutnya, langkah pemerintah bijaksana setelah kebijakan wajib tes PCR untuk perjalanan udara menuai kontroversi.

"Kami mengapresiasi respon pemerintah yang mendengarkan saran serta kritik dari publik mengenai syarat perjalanan udara di Jawa-Bali. Dengan memperbolehkan syarat swab antigen untuk naik pesawat, hal ini mengurangi beban masyarakat yang ingin melakukan perjalanan," jelas Puan Maharani, dikutip dari laman resmi dpr.go.id, Senin 1 November 2021.

Puan Maharani menilai, sejak awal tes antigen memang lebih efektif diterapkan sebagai syarat perjalanan dibandingkan PCR.

"Tes PCR akan efisien digunakan sebagai sarana diagnosa. Untuk screening, sebaiknya tes antigen saja. Apalagi berdasarkan studi, efektivitas tes antigen dalam mendeteksi virus juga sudah cukup tinggi," urainya.

Baca Juga: Jalani Operasi Kanker Prostat, Rachland Nashidik Ungkap Niat SBY Akan Melukis di Masa Pemulihan Paska Operasi

Dengan kebijakan yang baru ini kata Puan Maharani, pemerintah bisa memberikan pilihan kepada masyarakat terkait penggunaan tes sebagai syarat perjalanan. Meski pemerintah telah menurunkan biaya tes PCR, namun bagi Sebagian masyarakat harganya dinilai masih tergolong cukup mahal.

"Dengan mempersilakan calon penumpang memilih swab antigen atau tes PCR sebagai syarat perjalanan termasuk naik pesawat, kita memberi alternatif sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing masyarakat," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaksanaan Sekolah Terbuka di Jabar Banyak Masalah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:20 WIB

Terpopuler

X