• Selasa, 19 Oktober 2021

Muhammadiyah dan Sejarah Rumah Sakit di Indonesia

- Minggu, 26 September 2021 | 15:00 WIB
Logo Muhammadiyah. (PWMU.CO)
Logo Muhammadiyah. (PWMU.CO)

BAWAKALEM -- Sebagai organisasi masyarakat tertua di Indonesia, Muhammadiyah telah banyak memberikan sumbangsih yang luar biasa besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Corak yang paling menonjol dari gerakan dakwah Muhammadiyah adalah di bidang sosial kemasyarakatan, salah satunya adalah banyak didirikannya rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sejarahnya perkembangan dan kemajuan rumah sakit yang ada di Indonesia dimulai dengan gagasan Muhammadiyah mendirikan rumah sakit yang sama dengan yang dimiliki oleh Kolonial Belanda pada saat masa penjajahan.

Baca Juga: Resmi, Muktamar PBNU Diputuskan Digelar 23-25 Desember 2021

Pada saat itu, Haji Sudja' menyampaikan ide dan gagasannya kepada K.H. Ahmad Dahlan dan pengurus Muhammadiyah lainnya, tentang keinginan mendirikan rumah sakit yang sama dengan Kolonial Belanda pada saat itu.

Pada 15 Februari 1923, Haji Sudja' berhasil mendirikan Penolong Kesengsaraan Umum (PKU) Muhammadiyah dengan gagasan besar kedepannya Muhammadiyah bisa mendirikan rumah sakit seperti Kolonial Belanda.

“Tidak lama setelah bertemu dr. Soetomo, H. Sudja’ sudah mempersiapkan sebuah balai kesehatan Muhammaidiyah, namanya PKU. Jadi, ini merupakan usaha yang luar biasa, meski awalnya gedung sederhana namun ini berharga karena menjadi cikal bakal berdirinya rumah sakit Muhammadiyah-‘Aisyiyah,” kata Wakil Ketua Majelis PKU PP Muhammadiyah Agus Sukaca dalam acara yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang PMK, Sabtu, 25 September 2021.

Baca Juga: Herman Khaeron: Sifat dan Kelakuan Moeldoko Ambisius Membegal Partai Demokrat

Dalam sejarah perkembangan rumah sakit yang semakin modern, banyak kemudian yang menyebutkan bahwa Muhammadiyah adalah organisasi pribumi pertama yang membangun rumah sakit dengan pengelolaan seperti itu.

Halaman:

Editor: Didit Nurdianto

Sumber: muhammadiyah.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Jadwal Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 Terbaru

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:46 WIB

Terpopuler

X