• Selasa, 19 Oktober 2021

Resah Soal Pinjol, GP Ansor Harap Pemerintah Fasilitasi Aplikasi Serupa Melalui KUR

- Senin, 4 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Bidang Ekonomi, Sumantri Suwarno. (Facebook/Sumantri Suwarno)
Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Bidang Ekonomi, Sumantri Suwarno. (Facebook/Sumantri Suwarno)

BAWAKALEM -- Fenomena pinjaman online (Pinjol) semakin marak sehingga menjadi sorotan publik.

Menurut Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bidang Ekonomi, Sumantri Suwarno, fenoma pinjaman online ini meskipun membantu meringankan namun disisi lain menimbulkan keresehan sosial.

"Jika melihat kasus per kasus tentu terlihat seolah-olah pinjol membantu. Apalagi jika kasus yang ekstrem orang butuh mendadak dan tidak ada opsi lain. Tetapi kalau dibandingkan sebelum dan sesudah ada pinjol, jelas muncul keresahan sosial akibat banyak yang terjerat,” kata Sumantri melalui akun twitter @mantriss dikutip NU Online, Jumat, 1 September 2021.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Umat, Muhammadiyah Teken Kerja Sama dengan Bank KB Bukopin dan Muamalat

Menurutnya, berbagai permasalahan pinjol di masyarakat ini dikarenakan banyak yang terjebak meminjam uang untuk kepentingan konsumtif seperti membeli handphone, baju, motor, televisi, dan bahkan piknik.

“Kelonggaran persyaratan dan masyarakat yang konsumtif bertemu dalam bentuk banyaknya proses gagal bayar. Bunganya sangat tinggi,” ungkap pria yang akrab disapa Mantris ini.

Mantris mengatakan, dirinya tidak bisa memberikan toleransi soal bunga yang tinggi. Sebab menurutnya, hal ini bisa menjadikan malapetaka bagi konsumen jika tidak bisa bayar.

Baca Juga: Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional, Sudah Tau?

“Saya menganggap bisnis pinjol kita ini berat, bahkan yang resmi. Berat bagi perusahaan, lebih berat lagi bagi peminjam. Besarnya jumlah pencairan ini karena euforia masyarakat konsumtif yang dapat akses uang mudah. Akan jadi malapetaka,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Didit Nurdianto

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Jadwal Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 Terbaru

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:46 WIB

Terpopuler

X