• Rabu, 20 Oktober 2021

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, MPM PP Muhammadiyah Dorong Gerakan Jamaah Tani

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 14:35 WIB
Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PD Muhammadiyah Sidrap menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan pertanian terpadu. (Muhammadiyah.or.id)
Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PD Muhammadiyah Sidrap menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan pertanian terpadu. (Muhammadiyah.or.id)

BAWAKALEM -- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PD Muhammadiyah Sidrap menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan pertanian terpadu (Integrated Farming) yang dilangsungkan pada 3-5 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut sebagai upaya perluasan kemanfaatan bagi kelompok tani sekaligus memberikan pembekalan metode pertanian organik terhadap petani Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua MPM PP Muhammadiyah, Ahmad Ma'ruf menjelaskan, bahwa untuk menjadikan petani lebih sejahtera ini perlu adanya perhatian khusus kepada para petani.

Baca Juga: Bentuk Edukasi untuk Mencapai Herd Immunity, PPI 45 Rahayu Gelar Gebyar Vaksinasi Massal

"Perlu adanya kelompok tani yang mampu menambah nilai positif dan nilai tawar tinggi dimata publik bagi para petani," ucap Ma'ruf, Selasa, 5 Oktober 2021.

Ma’ruf menyebut, urgensi terkait dengan pembentukan JATAM bagi petani Indonesia yang nasibnya sering dipinggirkan.

“Adanya JATAM setidaknya memudahkan tiga hal, satu terkait dengan transfer pengetahuan. Atau melalui pelatihan mereka saling bertukar informasi. Kedua mereka melakukan advokasi untuk menaikkan posisi tawar petani di mata kebijakan,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Jakbar Masih Tunggu Sikap Kemensos, Ratusan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 Belum Terima Bantuan

Kemudahan ketiga adalah menekan biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi. Sehingga dengan ini mampu menekan harga produksi yang sesuai dengan kualitasnya.

Halaman:

Editor: Didit Nurdianto

Sumber: muhammadiyah.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hujan Petir Bakal Melanda Kota Bandung Hari Ini

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:47 WIB

Cek Jadwal Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 Terbaru

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:46 WIB
X