• Minggu, 5 Desember 2021

Pemerintah Fokus Salurkan Bansos, Perlinsos, dan Bantuan Tunai di 35 Kabupaten

- Senin, 18 Oktober 2021 | 09:15 WIB
Wapres Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja ke Kupang, NTT, Minggu, 17 Oktober 2021. (Foto: BPMI Setwapres)
Wapres Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja ke Kupang, NTT, Minggu, 17 Oktober 2021. (Foto: BPMI Setwapres)

KUPANG, BAWAKALEM.COM -- Pemerintah telah memulai penyaluran bantuan sosial (bansos), bantuan perlindungan sosial (perlinsos), sembako, dan bantuan tunai untuk mengentaskan masalah kemiskinan ekstrem di sejumlah daerah.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa pemerintah ingin mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem. Sejumlah tahapan telah dirancang, termasuk penyaluran bansos, perlinsos, sembako, dan bantuan tunai di daerah yang jadi sasaran program.

Hal ini Ma'ruf Amin sampaikan kepada wartawan di sela kunjungan kerjanya di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu, 17 Oktober 2021.

“Yang paling jelas, melalui penahapan ini, kita ingin cepat menurunkan mencapai target yang kita (harapkan menanggulangi kemiskinan ekstrem),” ujar Ma'ruf Amin, menyadur Setkab.go.id, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurut dia, menjawab masalah kemiskinan ekstrem, pada tahun 2021 pemerintah sudah menetapkan 35 kabupaten dari tujuh provinsi sebagai daerah yang diprioritaskan mendapat bansos, perlinsos, sembako, dan bantuan tunai.

Baca Juga: 12 Info Loker Terbaru Oktober 2021 dari Kemnaker

Menurutnya, kantong-kantong kemiskinan ekstrem itu berdasarka data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2020.

Dari penetapan tersebut, imbuh Ma'ruf Amin, telah dilakukan sejumlah langkah konkret membantu masyarakat kurang mampu secara ekonomi dengan penyaluran bansos, perlinsos, dan sembako.

“Pertama, perlindungan sosial, memberi bansos-bansos, sembako, dan sebagainya. Yang kedua adalah melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X