• Sabtu, 28 Mei 2022

KTT G20 Deklarasikan 26 Isu, Salah Satunya Sikapi Perubahan Iklim

- Senin, 1 November 2021 | 15:40 WIB
COP26 digelar pada 2021. Forum ini membahas masalah krisis iklim yang dampaknya global. Isu ini juga dibahas dalam forum KTT G20 di Roma. (Ilustrasi banjir Pixabay)
COP26 digelar pada 2021. Forum ini membahas masalah krisis iklim yang dampaknya global. Isu ini juga dibahas dalam forum KTT G20 di Roma. (Ilustrasi banjir Pixabay)

ROMA, BAWAKALEM.COM -- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, selesai dilaksanakan. Dalam forum itu, pemimpin dunia mendeklrasikan sejumlah itu. Salah satunya berkenaan masalah perubahan iklim.

Isu-isu yang dideklarasikan dalam forum KTT G20 dibubuhkan dalam sebuah teks berisi 61 paragraf yang mencakup 26 isu. Isu-isu tersebut, termasuk perubahan iklim, terkait masalah-masalah dalam lingkup global.

“Leaders declaration ini terdiri dari 61 paragraf yang mencakup 26 isu yang menggambarkan tantangan perekonomian dunia termasuk situasi pandemi," kata Menlu Reton Marsudi.

Baca Juga: Indonesia Jalankan 6 Strategi Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

"Dan apa yang dapat dilakukan bersama oleh negara-negara anggota G20,” lanjut Retno dalam keterangannya di hotel tempatnya bermalam di Glasgow, Skotlandia, Minggu, 31 Oktober 2021.

Retro membeberkan sejumlah isu yang masuk di dalam deklarasi tersebut. Antara lain kesehatan, energi dan perubahan iklim, perjalanan internasional, hingga ekonomi digital.

Dalam bidang kesehatan, Indonesia termasuk salah satu negara yang mengusulkan pembentukan joint health and finance task force untuk membantu pendanaan penanganan kesehatan di masa pandemi.

Baca Juga: Sikapi Krisis Iklim, Jokowi tak Ingin Terjebak Retorika

“Disepakati pembentukan joint health and finance task force untuk menyusun road map pendanaan bantuan penanganan kesehatan, khususnya untuk negara-negara miskin dan berkembang,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata Pakar Hukum Soal Kasus Asabri

Jumat, 25 Maret 2022 | 15:19 WIB

Terpopuler

X