• Sabtu, 27 November 2021

Geruduk Kantor Pemkab Bandung, Buruh Tuntut UMK Naik 10 Persen tahun 2022

- Selasa, 2 November 2021 | 15:15 WIB
Ratusan buruh di Kabupaten Bandung melakukan aksi unjuk rasa di halaman Kantor Pemkab Bandung, Selasa 2 November 2021. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Ratusan buruh di Kabupaten Bandung melakukan aksi unjuk rasa di halaman Kantor Pemkab Bandung, Selasa 2 November 2021. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

BAWAKALEM.COM -- Aksi unjuk rasa dilakukan oleh ratusan buruh dari berbagai serikat kerja yang digelar di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung, Selasa 2 November 2021. Aksi unjuk rasa sendiri berjalan damai dan dijaga ketat oleh petugas keamanan dari kepolisian dan satpol PP.

Dalam unjuk rasa tersebut, para buruh menuntut pemerintah mencabut undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan juga menuntut kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 sebesar 10%.

"Kami meminta kepada Bupati Bandung untuk merekomendasikan kenaikan upah minimum Kabupaten Bandung sebesar 10% dari nilai UMK 2021," seru Koordinator aksi buruh Eman Suherman, dikutip dari ayobandung.com.

Baca Juga: Jokowi di KTT COP26 : Indonesia Berperan Besar dalam Penanganan Perubahan Iklim

Eman menambahkan, kenaikan upah minumum yang diinginkan oleh para buruh sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi pekerja dan keluarganya.

"Kenaikan upah 10% juga akan mempertahankan daya beli masyarakat setelah terdampak pandemi," katanya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo dan Virgo Hari Ini, Selasa, 2 November 2021: Saatnya Nikmati Sisi Ringan Hubungan

Selain itu, buruh juga menuntut pencabutan Undang-undang cipta kerja yang dinilai merugikan pekerja.

"Kami juga menuntut penegakan hukum ketenagakerjaan dan pengawasan ketenagakerjaan dikembalikan tugasnya kepada Kabupaten," katanya. *** (Artikel ini pernah tayang sebelumnya di AyoBandung.com berjudul "Ratusan Buruh di Kabupaten Bandung Demo Tuntut UMK 2022 naik 10%")

Halaman:

Editor: Muhammad Mujadidi H

Sumber: Ayobandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X